Tiara, Andys dan Mustika, Sri dan Windaningsih, Windaningsih (2016) Strategi Penyiaran Music Director I-Radio 89,6 Fm Jakarta Dalam Upaya Mempertahankan Pendengar Musik Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Preview |
Text
FISIP_ILKOM_1206015011_ANDYS TIARA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Radio merupakan salah satu media elektronik yang masih memiliki penggemar. Audiens radio di Indonesia kebanyakan kawula muda. Mereka gemar mendengarkan radio untuk mencari hiburan khususnya musik. Namun radio di Jakarta cenderung memutarkan musik-musik barat dengan prosentasi yang tidak seimbang dengan musik lokal. Berbeda dengan radio lainnya, I-Radio 89.6 FM Jakarta justru hadir dengan menyuguhkan 100% musik Indonesia dengan tagline “Indonesia Keren Banget” dan mengajak pencinta musik Tanah Air agar bangga menjadi bangsa Indonesia dengan mendengarkan musik Indonesia yang berkualitas melalui I-Radio. Penelitian ini menggunakan paradigma konstriktivisme dan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Music Director I-Radio Jakarta sebagai informan kunci, Jurnalis sekaligus Musisi dan pendengar I-Radio sebagai informan tambahan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa strategi yang dilakukan Music Director I-Radio 89,6 FM Jakarta dalam upaya mempertahankan pendengar musik Indonesia yaitu sesuai dengan teori Strategi Pengontrolan Audiens oleh Tyler Eastmant, meliputi Strategi Kesesuaian (Compability) dengan cara menyesuaikan pemilihan tipe musik dengan kebutuhan khalayak. Strategi Pembentukan Kebiasaan (Habbit Formation) dilakukan dengan menyiarkan Spot program acara agar dapat membangun minat kesadaran pendengar untuk mendengarkan. Strategi Pengontrolan Arus Pendengar (Control of Audience Flow) ditempuh melalui “Bounding” kepada pendengar dan lebel musik. Strategi Penyimpanan Sumber-Sumber Program (Conservation of Program Resources) lagu-lagu hasil riset yang dikategorikan berdasarkan tahunnya untuk dapat diperdengarkan kembali secara acak. dan Strategi Daya Penarik Massa (Mass Appeal), dilakukan dengan mengundang musisi-musisi untuk dapat mengudara. Penelitan selanjutnya disarankan mengkaji tentang strategi yang dilakukakan Music Director I-Radio Jakarta dengan menggunkan metode analisis isi kualitatif guna memperkaya literatur penelitian kualitatif khususnya dalam bidang penyiaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | libfisip libfisip libfisip |
Date Deposited: | 25 Jun 2022 03:35 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 03:35 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15232 |
Actions (login required)
View Item |