Kepuasan komunitas West Jakarta Kopities terhadap tayangan Entertainment and Sport Programming Network Football Club (ESPN FC) Indonesia di NET TV

Andhoko, Koko dan Maryono, Basuki dan Mustika, Sri (2017) Kepuasan komunitas West Jakarta Kopities terhadap tayangan Entertainment and Sport Programming Network Football Club (ESPN FC) Indonesia di NET TV. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_1006015075_Koko Andhoko.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_1006015075_Koko Andhoko.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

NET hadir sebagai stasiun televisi swasta baru yang menyuguhkan program-program acara yang memikat pemirsa televisi, salah satunya genre program news sport yang menjadi daya tarik perhatian penonton. Salah satu news sport yang sedang naik daun di NET TV adalah Entertainment and Sport Programming Network Football Club (ESPN FC) Indonesia. Perumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu “Apakah komunitas west jakarta kopities puas dalam menonton tayangan Entertainment and Sport Programming Network Football Club (ESPN FC) Indonesia di NET TV?”. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori uses and gratifications untuk menjelaskan bagaimana individu menggunakan atau mengonsumsi media. Dalam penelitian ini, komunitas West Jakarta Kopities menonton tayangan Entertainment and Sport Programming Network Football Club (ESPN FC) Indonesia untuk mendapatkan kepuasan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian yang digunakan bersifat eksplanatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei eksplanatif (analitik). Populasi dalam penelitian adalah komunitas west jakarta kopities berjumlah 40 orang. Penelitian ini memakai total sampling yang didapat sampel sebanyak 40 orang. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner atau angket yang diberikan kepada responden, yaitu komunitas West Jakarta Kopities. Selanjutnya, penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas serta menganalisis datanya dengan uji korelasi. Hasil penelitian yang didapat adalah gratifications sought atau kepuasan yang dicari (GS) berkorelasi positif dengan media use atau penggunaan media (MU), dan media use atau penggunaan media (MU) berkorelasi positif dengan gratifications obtained atau kepuasan yang diperoleh (GO) dan nilai rata-rata (mean) GS dalam uji beda Paired Samples T-Test memiliki nilai lebih kecil, yaitu 41,4036 dari nilai rata-rata (mean) GO sebesar 42,5587 (GS < GO). Dengan demikian, Komunitas West Jakarta Kopities puas terhadap tayangan Entertainment and Sport Programming Network Football Club (ESPN FC) Indonesia di NET TV. Penelitian ini memiliki signifikansi penelitian yaitu signifikansi akademis yang memperkuat teori uses and gratification untuk memandang hubungan antara isi media dan audience. Signifikansi metodologis yang menerapkan metode eksplanatif (analitik) untuk menghasilkan sebuah kepuasan. Signifikasi praktis menjadi bahan masukan bagi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:57
Last Modified: 24 Jun 2022 03:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15184

Actions (login required)

View Item View Item