Perbedaan Hasil Belajar PPKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Crossword dan Model Pembelajaran Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN Jatinegara 02 Pagi

Pratiwi, Annisa Nur dan Nurwahyuni, Nurwahyuni (2020) Perbedaan Hasil Belajar PPKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Crossword dan Model Pembelajaran Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN Jatinegara 02 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025167_NURUL FIJRIYAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025167_NURUL FIJRIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar menggunakan model Crossword dengan Word Square pada kelas IV SDN Jatinegara 02 Pagi, pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling total . Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas A dan 30 siswa kelas B. Instrument tes dalam penelitian berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas instrumen dengan rumus Kolerasi Biserial didapat 27 soal yang valid dan 13 soal tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh Rhitung = 0,8508 > 0,361 = Rtabel maka intrumen reliabel. Uji persyaratan yaitu, uji normalitas menggunakan Uji Liliefors dan uji homogen menggunakan Uji Fisher. Pada kelas Eksperimen I pengujian normalitas didapat Ltabel dan kelas Eksperimen II Lhitung 0,0982 < 0,161 Ltabel dengan taraf signifikasi a 0,05 dan n = 30 untuk kelas Eksperimen I dan n = 30 untuk kelas Eksperimen II maka dapat disimpulkan data kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung 1,79 < 1,84 Ftabel dengan taraf signifikasi a = 0,05 dk pembilang 30 dan dk penyebut 30 , maka disimpulkan varians kedua kelas sama berarti sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh Thitung2,350 > 2,0021 Ttabel dengan taraf signifikasi a = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 58 . Dari hasil penelitian hasil belajar PPKn kelas eksperimen 1 yang menggunakan model Cross Word mendapatkan rata-rata (mean) = 76,73; median = 76,3; modus = 77; dan simpangan baku = 13,812 sedangkan hasil belajar PPKn kelas eksperimen 2 yang menggunakan model Word Square mendapatkan rata-rata (mean) = 84,43; median = 85,5; modus = 87,25; dan simpangan baku = 10,124. Maka dari data hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Word Square jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Crossword dalam meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas IV di SDN Jatinegara 02 Pagi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:22
Last Modified: 27 Jun 2022 01:22
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15182

Actions (login required)

View Item View Item