Model Modul Pembelajaran Menulis Teks Biografi Berbasis Nilai-Nilai Islami Melalui Strategi Pencapaian Konsep (Penelitian Pengembangan di SMPIT AN NAHALA

Mutiasari, Melinda dan Solihati, Nani dan Tarmini, Wini (2019) Model Modul Pembelajaran Menulis Teks Biografi Berbasis Nilai-Nilai Islami Melalui Strategi Pencapaian Konsep (Penelitian Pengembangan di SMPIT AN NAHALA. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1709057010_MELINDA MUTIASARI.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1709057010_MELINDA MUTIASARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis teks biografi dengan model pencapaian konsep, terintegrasi nilai-nilai Islami valid atau layak digunakan sebagai bahan ajar pelengkap pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, angket validasi, dan angket tanggapan siswa. Populasi pada penelitian ini adalah 42 siswa, sampel diambil dengan metode penentuan tempat sampel dan terpilih kelas VIII Ikhwan dan Akhwat yang berjumlah 28 siswa. Setelah deskripsi data, dilakukan uji coba modul dan pengumpulan data angket tanggapan siswa. Didapat skor validasi oleh ahli sebesar 86%. Selanjutnya, dilakukan uji coba modul. Uji coba dilakukan dalam dua tahap, yaitu uji coba di kelas VIII Akhwat dengan rata-rata skor 88%. Selain itu, uji coba dilakukan di kelas VIII Ikhwan dengan mendapatkan rata-rata skor 79%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menulis teks biografi dengan model pencapaian konsep, terintegrasi nilai-nilai Islami valid atau layak digunakan sebagai bahan ajar pelengkap pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Nilai Islami, Pencapaian Konsep,menulis teks biografi
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:56
Last Modified: 24 Jun 2022 07:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15136

Actions (login required)

View Item View Item