Rini, LilihYudha dan Emzir, Emzir dan Solihati, Nani (2019) Korelasi antara Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas XI SMK Cyber Media Jakarta. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.
Preview |
Text
SPS_INDONESIA_1709057008_LILIH YUDHA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara kebiasaan membaca dan kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis teks narasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK CYBER MEDIA JAKARTA pada semester 1 tahun ajaran 2019-2020. Populasi penelitian ini berjumlah 210 siswa. Sampel diambil secara acak dan terpilih kelas XI OTKP 1 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian menggunakan metode pendekatan korelasional deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif berupa angket, pilihan ganda dan penugasan. Setelah deskripsi data, dilakukan pengujian persyaratan analisis data dengan uji normalitas dan uji linearitas. Di dapat X1 dan Y, X2 dan Y, serta X1, X2 dan Y berdistribusi normal serta dinyatakan linear. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Pada perhitungan koefisien korelasi X1 dan Y diperoleh nilai 0,564 X2 dan Y diperoleh nilai 0,480 serta X1 X2 dan Y diperoleh nilai 0,604dan dikonsultasikan dengan tabel interpretasi koefisien korelasi. Nilai r didapat bahwa tingkat hubungan kedua variabel adalah kuat. Lalu, dilakukan uji signifikansi 0,05 dk (n-2). Maka thitung 1,79 > ttabel 1,70 yang berarti H0ditolak. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa ada hubungan antara kebiasaan membaca dan kemmapuan berpikir kritis denganketerampilan menulis teks narasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kebiasaan, membaca, berpikir kritis, keterampilam, menulis |
Subjects: | A General Works |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | libsps libsps libsps |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 07:56 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 07:56 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15135 |
Actions (login required)
View Item |