Hubungan Antara Motivasi Menulis Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Perguruan Rakyat 2 Jakarta

Asih, Sri Mardi dan Emzir, Emzir dan Yanti, Prima Gusti (2018) Hubungan Antara Motivasi Menulis Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Perguruan Rakyat 2 Jakarta. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1609057019_SRI MARDI ASIH.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1609057019_SRI MARDI ASIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Motivasi Menulis dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi kelas X SMK Perguruan Rakyat 2 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Perguruan Rakyat 2 Jakarta berjumlah 72 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan simpel random samplingdari populasi sampel yang diambil hanya 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran pertanyaan, angket, dan tes pada keterampilan menulis teks negosiasi. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment, sehingga diperoleh hasil (ry1) rhitung 0,360 dan (ry2) rhitung 0,646 dengan taraf signifikan α 0,95. Uji signifikansi korelasi dilakukan uji-t khusus untuk korelasi yang menghasilkan (ry1) thitung sebesar 1,88 dan (ry2) sebesar 1,86. Dalam table diketahui ttabel pada taraf signifikansi (α) 0,95 dengan derajat kebebasan (dk) 28
adalah 1,70. Dapat terlihat hasilnya, diperoleh (ry1) thitung sebesar 1,88 > ttabel 1,70 maka Ho ditolak sedangkan H1 diterima dan (ry2) thitung sebesar 1,86 maka Ho ditolak sedangkan H1 diterima. Berdasarkan kriteria tingkat korelasi di atas diperoleh r hitung sebesar 0,360 yang berarti berada di antara 0,200 sampai 0,399 dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai motivasi menulis siswa kelas X SMK Perguruan Rakyat 2 Jakarta mempunyai hubungan yang rendah karena kemampuan berpikir kritis akan mempengaruhi keterampilan menulis teks negosiasi pada siswa. Sedangkat tingkat korelasi di atas r hitung sebesar 0,646 yang berarti berada diantara 0,600 sampai 0,799 dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kemampuan berpikir kritis siswa mempunyai hubungan yang kuat atau tinggi, karena kemampuan berpikir kritis akan mempengaruhi keterampilan menulis teks negosiasi pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Menulis, Kemampuan berpikir kritis, Keterampilan Menulis
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:58
Last Modified: 24 Jun 2022 07:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15123

Actions (login required)

View Item View Item