Romli, Muhamad dan Akhadiah, Sabarti dan Tarmini, Wini (2018) Aspek Evaluasi Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas XI SMA-MA/SMK-MAK Kurikulum 2013. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka.
Preview |
Text
SPS_INDONESIA_1609057011_MUHAMMAD ROMLI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) ranah kognitif, (2) ranah afektif, (3) ranah psikomotor dalam buku teks bahasa Indonesia untuk siswa kelas XI SMA-MA/SMK-MAK Kurikulum 2013. Sumber data penelitian ini adalah soal-soal bahasa Indonesia dalam buku teks bahasa Indonesia untuk siswa kelas XI SMA-MA/SMK-MAK Kurikulum 2013 karya Yadi Mulyadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data deskriptif diperoleh dari soal-soal dalam buku teks bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji setiap soal-soal selanjutnya dikumpulkan berdasarkan aspek-aspek evaluasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis konten, yaitu pengadaan data, reduksi data, inferensi, analisis. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teori dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan ranah kognitif mencapai 91%, afektif 3%, dan psikomotor 6%. Faktor penyebab penulis buku teks lebih memfokuskan peserta didik pada tahap ranah kognitif. Berdasarkan penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa ranah kognitif lebih dominan dibandingkan dengan ranah yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kognitif, Afektif, Psikomotor, Buku Teks Bahasa Indonesia |
Subjects: | A General Works |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | libsps libsps libsps |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 07:58 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 07:58 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15118 |
Actions (login required)
View Item |