KESESUAIAN CONTENT REPRESENTATION DENGAN SIMULASI MENGAJAR CALON GURU BIOLOGI DAN DIKAITKAN DENGAN PENGETAHUAN KONTEN DAN PEDAGOGY PADA KONSEP EKOLOGI

Mega Evianasti, Mega (2019) KESESUAIAN CONTENT REPRESENTATION DENGAN SIMULASI MENGAJAR CALON GURU BIOLOGI DAN DIKAITKAN DENGAN PENGETAHUAN KONTEN DAN PEDAGOGY PADA KONSEP EKOLOGI. KESESUAIAN CONTENT REPRESENTATION DENGAN SIMULASI MENGAJAR CALON GURU BIOLOGI DAN DIKAITKAN DENGAN PENGETAHUAN KONTEN DAN PEDAGOGY PADA KONSEP EKOLOGI, 15 (1). pp. 23-38. ISSN 2615-6547

[thumbnail of KESESUAIAN CONTENT REPRESENTATION DENGAN-12082020.pdf]
Preview
Text
KESESUAIAN CONTENT REPRESENTATION DENGAN-12082020.pdf

Download (240kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarba...

Abstract

Simulasi mengajar merupakan suatu cara bagi seorang calon guru dalam
merepresentasikan pengetahuan konten (CK) dan pengetahuan pedagogi (PK) yang dimilikinya
ke dalam situasi mengajar yang dibuat mirip dengan keadaan yang sebenarnya. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis kesesuaian CoRe dengan simulasi mengajar dan dikaitkan dengan
pengetahuan konten dan pedagogy yang dimiliki oleh calon guru biologi. Data yang digunakan
untuk menganalisis pengetahuan konten adalah berupa dokumen CoRe dan tes penguasaan
konsep Ekologi, sedangkan data yang digunakan untuk menganalisis pengetahuan pedagogi
adalah berupa tes penguasaan pedagogi, serta pedoman observasi simulasi mengajar untuk
mengamati kesesuaian simulasi mengajar dengan dokumen CoRe yang telah disusun. Hasil dan
kesimpulan dalam penelitian ini adalah : Subjek Penelitian 1 memiliki penguasaan konten
tinggi, dan penguasaan pedagogi tinggi. Terdapat kesesuaian antara simulasi mengajar dengan
dokumen CoRe. Subjek penelitian 2, memiliki penguasaan konten rendah, dan penguasaan
pedagogi tinggi. Beberapa point ada yang tidak sesuai dengan dokumen penyusunan CoRe
dengan simulasi mengajar. Subjek penelitian 3, memiliki penguasaan konten rendah, dan
penguasaan pedagogi rendah. Ketidaksesuaian dokumen CoRe dengan simulasi mengajar.
Subjek penelitian 4, memiliki penguasaan konten tinggi, dan penguasaan pedagogi sedang. Terdapat kesesuaian antara simulasi mengajar dengan dokumen CoRe. Subjek penelitian 5,
memiliki penguasaan konten rendah, dan penguasaan pedagogi rendah. Ketidaksesuaian
dokumen CoRe dengan simulasi mengajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa calon guru yang
memiliki konten tinggi dan pedagogi tinggi terdapat kesesuaian CoRe dengan simulasi
mengajar, dan sebaliknya. Akan tetapi,ada calon guru yang memiliki pedagogi tinggi dan konten
rendah terdapat ketidaksesuian CoRe dengan simulasi mengajar.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > DF Greece
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mega Elvianasti
Date Deposited: 13 Aug 2020 11:57
Last Modified: 13 Aug 2020 11:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/1511

Actions (login required)

View Item View Item