Hubungan Antaran Religiusitas Siswa Terhadap Resiliensi Matematis Pada Siswa SMA Muhammadiyah 1 Depok

Amelia, Fera dan Handayani, Isnaini (2020) Hubungan Antaran Religiusitas Siswa Terhadap Resiliensi Matematis Pada Siswa SMA Muhammadiyah 1 Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105025_FERA AMELIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105025_FERA AMELIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat religiusitas siswa SMA Muhammadiyah 1 Depok, (2) mengetahui tingkat resiliensi matematis siswa SMA Muhammadiyah 1 Depok, (3) mengetahui hubungan apakah terdapat hubungan antara religiusitas siswa dengan resiliensi matematis pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Depok. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik korelasi. Sampel yang digunakan berjumlah 82 siswa SMA Muhammadiyah 1 Depok. Pengumpulan data variabel dengan cara menyebar kuisioner menggunakan google form dan diisi oleh siswa secara online. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reabilitas menggunakan Croanbach’s Alpha. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Kemudian untuk pengujian hipotesis mengunakan analisis korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan singnifikan dengan tingkat hubungan rendah antara religiusitas siswa dengan resiliensi matematis. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi dengan nilai rXY = 0,341, koefisien determinasi r2=0,116=11,6%. hal ini menunjukan 11,6 % resiliensi matematis dipengaruhi oleh religiusitas siswa sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:28
Last Modified: 30 Jun 2022 11:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15107

Actions (login required)

View Item View Item