Hubungan Antara Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII Berdasarkan Gender di SMP Negeri 5 Depok

Septiani, Diah Rosa dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII Berdasarkan Gender di SMP Negeri 5 Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105014_DIAH ROSA SEPTIANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105014_DIAH ROSA SEPTIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII berdasarkan gender di SMP Negeri 5 Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Product Moment, untuk instrumen hasil belajar matematika sebanyak 8 soal essay dengan 5 soal valid dan 3 soal tidak valid sedangkan untuk kuisioner kepercayaan diri sebanyak 20 butir pernyataan dengan 13 pernyataan valid dan 7 pernyataan tidak valid. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh Rhitung0,733 untuk instrumen hasil belajar matematika dan 0,7752 untuk kuisioner kepercayaan diri. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran Y terhadap X diperoleh L0 = 0,077 < Ltabel = 0,1519, karena L0 < Ltabel maka H0 diterima dan dapat disimpulkan bahwa data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Pada uji hipotesis digunakan uji-t independent sample dan uji koefisien korelasi pearson product moment. Uji-t independent sample untuk menentukan perbedaan kepercayan diri peserta didik laki-laki dan perempuan diperoleh thitung = 0,9877 < ttabel = 2,04 dengan kesimpulan tidak terdapat perbedaan kepercayaan diri antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji koefisien korelasi pearson product moment dan diperoleh rxy = 0,731 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:29
Last Modified: 30 Jun 2022 10:50
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15106

Actions (login required)

View Item View Item