Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Argumentasi Ssiswa Kelas x MA Aal-Wathoniyah 43 Jakarta Utara.

Lutvianti, Lutvianti dan Suyatno, Suyatno dan Emzir, Emzir (2018) Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Argumentasi Ssiswa Kelas x MA Aal-Wathoniyah 43 Jakarta Utara. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1509057028_LUTVI.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1509057028_LUTVI.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Argumentasi siswa kelas X MA Al-Wathoniyah 43 Jakarta Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September – Oktober 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Al-Wathoniyah 43 Jakarta Utara berjumlah 62 siswa, pengambilan sampel dapat diambil secara acak ( random sampling) dari populasi. Sampel yang diambil hanya 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif koresional. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran pertanyaan, angket dan tes pada nilai keterampilan menulis argumentasi. Data tersebut di analisis dengan menggunakan rumus Product Moment, sehingga diperoleh hasil (ry1) rhitung 0,259 dan (ry2) rhitung 0,852 dengan taraf signifikan (a) 0,95. Uji signifikansi korelasi dilakukan uji-t khusus untuk korelasi yang menghasilkan (ry1) thitung sebesar 14,68 dan (ry2) thitung 4,91. Dalam tabel diketahui ttabel pada taraf signifikansi (a) 0,95 dengan derajat kebebasan (dk) 28 adalah 1,70. Dapat terlihat hasilnya, diperoleh (ry1) thitung sebesar 14,68 > ttabel 1,70 maka Ho ditolak sedangkan Hi diterima dan (ry2) thitung sebesar 14,68 > ttabel 1,70 maka Ho ditolak sedangkan Hi diterima. Berdasarkan kriteria tingkat korelasi di atas, di peroleh r hitung sebesar 0,259 yang berarti berada diantara 0,20 sampai 0,40 dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MA Al- Wathoniyah 43 Jakarta Utara mempunyai hubungan yang rendah, karena kemampuan berpikir kritis akan mempengaruhi keterampilan menulis argumentasi pada siswa. Sedangkan tingkat korelasi di atas rhitung sebesar 0,852 yang berarti berada diantara 0,70 sampai 0,90 dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai minat membaca siswa kelas X MA Al- Wathoniyah 43 Jakarta Utara mempunyai hubungan yang kuat atau tinggi, karena minat membaca akan mempengaruhi keterampilan menulis argumentasi pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir, Berpikir Kritis, Minat membaca, Keterampilan menulis, menulis argumentasi
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:46
Last Modified: 22 Jun 2022 02:46
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15098

Actions (login required)

View Item View Item