Milisani, Milisani dan Akhadiah, Sabarti dan Emzir, Emzir (2018) Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.
Preview |
Text
SPS_INDONESIA_1509057012_MILISANI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara model pembalajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis cerpen. Penelitian ini dilakukan di SMA budhi Warman I jakarta Timur, kelas XI semester ganjil. Tahun ajaran 2017-2018. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran mind mapping dan model pembelajaran picture and picture. Model pembelajaran mind mapping adalah model pembelajaran keatif dalam menghasilkan sebuah ide atau gagasan yang ditungkan langsung di atas kertas dalam bentuk peta pikiran. Sedangkan picture and picture adalah model pembelajaran yang memanfatkan gambar sebagai media pembelajaran. Di samping itu peneliti juga ingin melihat bagaiman pengaruh motivasi terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Motivasi adalah pendorong yang menyebabkan terjadinya perubahan energi dalam diri seseorang Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan rancangan faktorial 2 x 2 . jumlah sampel yang diambil sebanyak 60 siswa dilakukan dengan teknik multistage random sampling. Masing-masing sampel terpilih 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Sampel yang diambil adalah 27% dari siswa yang memiliki motivasi tinggi dan 27% siswa yang memiliki motivasi rendah. Sehingga di dapat 16 orang siswa yang memiliki motivasi tinggi dan 16 siswa yang memiliki motivasi rendah. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis varians dua jalur(ANAVA) setekah itu dilanjutkan dengan uji regresi. Penelitian ini menghasilkan 4 temua yaitu: (1) Kemampuan menulis cerpen siswa dengan model pembelajaran mind mapping lebih baik. (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar. (3) Hasil kemampuan menulis cerpen siswa dengan motivasi tinggi yang diajarkan dengan model
pembelajaran mind mapping lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diajarkan dengan midel pembelajaran picture and picture. (4) Hasil kemampuan menulis cerpen siswa dengan motivasi rendah yang diajarkan dengan model pembelajaran picture and picture lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran mind mapping. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI di
SMA Budhi Warman I Jakarta Timur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Motivasi Belajar, Kemampuan Menulis Cerpen |
Subjects: | A General Works |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | libsps libsps libsps |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 07:45 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 07:45 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15094 |
Actions (login required)
View Item |