Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Pola Asuh Orang Tua pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA

Hesti, Lusiana dan Marsinun, Rahmiwati (2020) Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Pola Asuh Orang Tua pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601015024_LUSIANA HESTI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601015024_LUSIANA HESTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Prokrastinasi saat ini telah menjadi kebiasaan bagi mahasiswa yang umumnya ditandai dengan adanya penundaan untuk memulai maupun menyelesaikan tugas akademik karena kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual. Prokrastinasi muncul tidak terlapas dari trauma masa kanak-kanak dan kesalahan dalam pengasuhan anak. Anak cenderung dituntut oleh orang tua dalam bidang apapun sehingga memunculkan kecemasan, kekhawatiran, dan ketidakberartian jika tidak bisa memenuhi harapan para orang tua yang pada akhirnya memicu anak menunda-nunda melakukan pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan prokrastinasi akademik dengan pola asuh orang tua pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis kuantitatif asosiatif. Populasi penelitian berjumlah 160 mahasiswa Bimbingan dan Konseling Semester 6 FKIP UHAMKA. Sampel penelitian sebanyak 40 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling dengan model simple random sampling. Jenis instrumen yang digunakan berupa angket. Hasil olahan data menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik diperoleh dengan rincian tingkat presentase : tinggi sebesar 10,0%, sedang sebesar 87,5%, dan rendah sebesar 2,5%. Hasil dari pola asuh orang tua diperoleh dengan rincian tingkat presentase : otoriter sebesar 19,7%, permisif sebesar 64,1%, dan demokratis sebesar 16,2%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa Bimbingan dan Konseling Semester 6 FKIP UHAMKA dalam kategori sedang sebesar 87,5%, sedangkan bentuk pola asuh orang tua pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Semester 6 FKIP UHAMKA memiliki persentase lebih banyak pada pola asuh permisif sebesar 64,1%. Sedangkan korelasi antara prokrastinasi akademik dengan pola asuh orang tua pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Semester 6 FKIP UHAMKA sebesar 83,8% dalam kategori sangat kuat. Hasil pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelasi Rank Spearman’s dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 (< 0,05), sehingga dapat disimpulkan prokrastinasi akademik memiliki hubungan positif yang siginifikan dengan pola asuh orang tua pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Semester 6 FKIP UHAMKA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:30
Last Modified: 01 Jul 2022 08:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15078

Actions (login required)

View Item View Item