Penerapan Model Discovery Learning Berbasis LKPD Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Materi Pola Bilangan Kelas VIII-G SMP Negeri 174 Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021

Indah, Yusnaini Nurul dan Soro, Slamet (2020) Penerapan Model Discovery Learning Berbasis LKPD Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Materi Pola Bilangan Kelas VIII-G SMP Negeri 174 Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105152_YUSNAINI NURUL INDAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105152_YUSNAINI NURUL INDAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dan self-efficacy menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis LKPD materi pola bilangan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII-G SMP Negeri 174 Jakarta yang berjumlah 36 peserta didik. Data hasil self-efficacy peserta didik diperoleh melalui angket. Sedangkan data hasil belajar matematika peserta didik diperoleh melalui tes hasil belajar. Data hasil angket self-efficacy dianalisis dengan menghitung skor setiap pertanyaan, menghitung skor total dari masing – masing peserta didik, membandingkan skor total antara angket sebelum tindakan dan angket sesudah tindakan, serta menghitung persentase angket pada setiap dimensi. Sedangkan data yang di peroleh melalui tes hasil belajar dianalisis berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 75 dan dihitung persentase ketuntasannya. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Rata – rata skor untuk angket self-efficacy mengalami peningkatan dimana sebelum tindakan skor rata – rata angket self-efficacy 75 dan setelah diberi tindakan menjadi 82, selain itu persentase pada setiap dimensi self-efficacy dari sebelum tindakan menjadi sesudah tindakan mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat dari persentase dimensi magnitude dari 72,45% menjadi 83,49%, untuk dimensi generality dari 77,85% menjadi 81,33% dan untuk dimensi strength dari 75% menjadi 81,25%, (2) Hasil tes diakhir pembelajaran diperoleh nilai rata – rata sebesar 80,56 dengan persentase ketuntasan peserta didik sebesar 80,56% dengan kualitas yang tergolong tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran discovery learning.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:29
Last Modified: 25 Jun 2022 05:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15073

Actions (login required)

View Item View Item