Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Alat Peraga Magic Straw Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Di SMP Negeri 138 Jakarta

Fauziah, Syifa dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Alat Peraga Magic Straw Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Di SMP Negeri 138 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105146_SYIFA FAUZIAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105146_SYIFA FAUZIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantu alat peraga Magic Straw terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP Negeri 138 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian jenis Quasy Experimental dengan tipe The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 138 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 72 siswa dari kelas VIII-7 dan VIII-9. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 6 soal. Instrumen terlebih dahulu diuji coba di SMP Negeri 114 Jakarta dengan 36 siswa. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas, kemudian diperoleh data yang tidak berdistribusi normal dari kelas eksperimen, dan data berdistribusi normal dari kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney menghasilkan Zhitung= −2,99 yang mengakibatkan tolak H0 pada taraf signifikasi 5% dengan effect size sebesar 0,596 yang tergolong sedang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantu alat peraga Magic Straw terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP Negeri 138 Jakarta yang tergolong sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:29
Last Modified: 25 Jun 2022 05:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15070

Actions (login required)

View Item View Item