Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Pada Materi Matriks dengan Berbantuan Powtoon untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

Andriani, Putri dan Tsurayya, Ayu (2020) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Pada Materi Matriks dengan Berbantuan Powtoon untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105133_PUTRI ANDRIANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105133_PUTRI ANDRIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran matematika pada materi matriks dengan berbantuan powtoon yang dapat memudahkan dalam proses belajar mengajar serta dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini
melibatkan 2 orang guru dan 2 orang dosen sebagai validator ahli serta 72 orang siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 109 Jakarta sebagai proses pengujian video pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket yang
terdiri dari instrumen validasi ahli (ahli materi dan ahli media), instrumen respon guru, instrumen respon siswa (uji coba skala kecil dan uji coba skala besar), dan instrumen kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli diperoleh rata-rata persentase untuk ahli materi yaitu 93,18% dan ahli media yaitu 91% dengan kategori keduanya sangat baik. Hasil respon guru diperoleh rata-rata persentase sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Kemudian, hasil respon siswa diperoleh rata-rata persentase pada uji coba skala kecil yaitu 89% dan uji coba skala besar yaitu 87,88% dengan kategori keduanya sangat baik. Pada uji gain ternormalisasi (N-gain) diperoleh nilai gain yaitu 8,86% dan nilai N-gain yaitu 0,40 dengan demikian penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran matematika pada materi matriks dengan berbantuan powtoon layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:30
Last Modified: 25 Jun 2022 05:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15065

Actions (login required)

View Item View Item