Pengaruh Electroplating Krom Terhadap Ketebalan dan Kekerasan Lapisan pada Jari-Jari Sepeda Motor yang Telah Di-Electroplating Nikel

Winata, Fauzan Fikrat (2021) Pengaruh Electroplating Krom Terhadap Ketebalan dan Kekerasan Lapisan pada Jari-Jari Sepeda Motor yang Telah Di-Electroplating Nikel. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of eSTM-2021020 Fauzan Fikrat Winata.pdf]
Preview
Text
eSTM-2021020 Fauzan Fikrat Winata.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil electroplating krom terhadap ketebalan dan kekerasan pada jari-jari sepeda motor yang telah di-electroplating nikel. Penelitian ini dilakukan ruang laboratorium PT.Enkei Indonesia dan PT. Murni Cahaya Pratama bekasi, Jawa barat, Indonesia antara Januari - Maret 2021 dengan menggunakan pelapisan electroplating krom, jari-jari sepeda motor terbuat dari material baja st37 yang sudah dilakukan pelapisan electroplating nikel, kemudian electroplating krom. Parameter penelitian adalah kuat arus pencelupan 4A, 6A, dan 8A. Pengujian yang dilakukan adalah ketebalan, kekerasan, struktur makro dan struktur mikro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kuat arus terhadap pelapisan electroplating menghasilkan nilai tertinggi ketebalan dengan rata-rata 26,77 μm, struktur mikro bersifat tahan korosi dan non magnetic, struktur makro menunjukkan hasil bercak hitam berindikasi cacat seperti porositi dan nilai tertinggi kekerasan dengan rata- rata 4H.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Skripsi
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: libft libft libft
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:45
Last Modified: 13 Jul 2022 02:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15045

Actions (login required)

View Item View Item