Konstruksi Realitas Azab Kubur Di Majalah Hidayah (Analisis Framing William A. Gamson pada Rubrik Iktibar Edisi Juni-Agustus 2015).

Kurniasari, Puji dan Said, Romadlan dan Dini, Wahdiyati (2015) Konstruksi Realitas Azab Kubur Di Majalah Hidayah (Analisis Framing William A. Gamson pada Rubrik Iktibar Edisi Juni-Agustus 2015). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_0906015076_PUJI KURNIASARI.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_0906015076_PUJI KURNIASARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Majalah merupakan salah satu media massa yang paling mudah organisasinya, lebih mudah mengelola, serta tidak membutuhkan modal yang banyak. Salah satu majalah yang berisikan informasi Islam adalah majalah Hidayah. Majalah Hidayah merupakan representasi dari sebuah pendekatan penyebaran dakwah Islam di era sekarang. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi realitas, peneliti melihatmbagaimana penggambaran azab kubur yang dibangun pada rubrik iktibar edisimJuni-Agustus 2015 oleh majalah Hidayah. Penelitian ini menggunakan metodemanalisis framing William A. Gamson dan Andre Modigliani dengan mengamati tiap kata yang digunakan melalui elemen-elemen metaphors, catchphrases,,exemplar, depiction, roots, appeals to principle dan consequnces.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, di mana riset yang menggunakan cara berfikir induktif, yaitu cara berfikir yang berangkat dari halhal yang khusus (fakta empiris) menuju hal-hal umum (tataran konsep). Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang tujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Hasil penelitian ini, menonjolkan azab kubur di majalah Hidayah dengan berbagai macam persitiwa tak lazim (analisis framing) dan mengetahui faktoorfaktor apa saja yang melatarbelakangi pembuatan azab kubur di majalah Hidayah pada edisi Juni-Agustus 2015. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan menggunakan analisis isi kualitatif agar memberikan penjelasan secara mendalam penggambaran azab kubur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:07
Last Modified: 20 Jun 2022 07:08
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15043

Actions (login required)

View Item View Item