Pengembangan Aplikasi Row and Series Mathematics (RoseMath) Berbasis Android Pada Materi Barisan dan Deret di Tingkat SMA

Ardillah, Chairani dan Nurafni, Nurafni (2020) Pengembangan Aplikasi Row and Series Mathematics (RoseMath) Berbasis Android Pada Materi Barisan dan Deret di Tingkat SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105115_CHAIRANI ARDILLAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105115_CHAIRANI ARDILLAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi “Row and Series Mathematics (Rose Math)” berbasis Android untuk siswa tingkat SMA, serta mengetahui kualitas produk aplikasi mobile learning yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Prosedurnya terdapat 4 tahap, yaitu: 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (develop), dan 4) penyebarluasan (disseminate). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Media yang dikembangkan diuji coba publik dengan 42 responden. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi Rose Math berbasis Android yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media memperoleh rata-rata 89.58% dengan kategori sangat baik. Penilaian ahli materi memperoleh rata-rata 87.43% dengan kategori sangat baik. Uji coba publik memperoleh hasil rata-rata 84.17% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa aplikasi Rose Math berbasis Android pada materi barisan dan deret layak digunakan sebagai sumber pembelajaran matematika di tingkat SMA. Rose Math merupakan aplikasi pembelajaran matematika yang berfokus pada materi barisan dan deret. Aplikasi ini mencakup materi, contoh soal, quiz dan perhitungan rumus. Keunggulan dari Rose Math ini diantaranya, yaitu: 1) mudah di install di smartphone berbasis android, 2) mudah dalam penggunaannya karena dapat digunakan secara offline, dan 3) memiliki konten yang cukup lengkap dibandingkan aplikasi yang beredar di luaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:31
Last Modified: 25 Jun 2022 05:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14995

Actions (login required)

View Item View Item