Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent

Sidiq, Ahmad Jafar dan Benny, Benny (2020) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105111_AHMAD JAFAR SIDIQ.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105111_AHMAD JAFAR SIDIQ.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent pada materi segitiga segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah empat siswa kelas VIII-D SMP Negeri 203 Jakarta. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi waktu. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya kognitif field independent dapat dikategorikan sedang-tinggi pada pencapaian 3-4, hal tersebut dikarenakan peserta didik dengan gaya kognitif field independent secara umum dapat menuliskan hal-hal yang berkaitan dengan masing-masing indikator yang ada terdapat pada penelitian ini.; (2) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent dapat dikategorikan rendah-sedang pada pencapaian 0-2, Hal tersebut dikarenakan peserta didik dengan gaya kognitif field dependent secara umum tidak atau kurang dapat menuliskan hal-hal yang berkaitan dengan masing-masing indikator yang terdapat pada penelitian ini.; (3) Kemampuan komunikasi matematis dengan gaya kognitif field independent tidak selalu mampu dalam pencapaian indikator yang ada dan kemampuan komunikasi matematis dengan gaya kognitif field dependent tidak selalu tidak mampu dalam pencapaian indikator yang ada karena, dalam penelitian ini menunjukkan bahwa subjek A-2 dengan kemampuan komunikasi field independent rendah itu hampir sama dengan subjek B-2 dengan kemampuan komunikasi field dependent tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:31
Last Modified: 25 Jun 2022 05:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14993

Actions (login required)

View Item View Item