Efektivitas Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi COVID-19 Pada Lingkungan Graha Prima Tambun Selatan

Wahyuningtiyas, Eko Yayuk dan Astuti, Sri (2020) Efektivitas Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi COVID-19 Pada Lingkungan Graha Prima Tambun Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN EKONOMI_1601085105_EKO YAYUK WAHYUNINGTIYAS.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN EKONOMI_1601085105_EKO YAYUK WAHYUNINGTIYAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pelaksanaan pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan 15 responden yang terdiri dari peserta didik, guru, dan orang tua. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan aspek-aspek yang ditanyakan yaitu: kualitas, kuantitas, dan waktu pembelajaran daring. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 ini dapat dikatakan tidak efektif karena beberapa indikator keberhasilan yang belum semua terpenuhi. Seperti pengutamaan kesehatan dan keselamatan peserta didik dan pendidik yang semakin hari semakin tidak dihiraukan oleh mereka, aktivitas tugas yang seharusnya diterapkan sesuai dengan minat peserta didik nyatanya hanya ada penumpukan tugas, serta dengan adanya pembelajaran secara daring yang menjadikan pengalaman belajar peserta didik namun pada kenyataannya mereka tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru. Namun ada yang dapat dikatakan cukup efektif yaitu seperti waktu pelaksanaan pembelajaran daring yang sudah sesuai jadwal yang pendidik buat, dan untuk penggunaan media online berjalan dengan baik, serta kualitas peningkatan nilai yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:55
Last Modified: 24 Jun 2022 02:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14992

Actions (login required)

View Item View Item