Analisis Sikap Siswa Kelas VIII Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Iskandar, Luthfiyah Aulia dan Jusra, Hella (2020) Analisis Sikap Siswa Kelas VIII Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105110_LUTHFIYAH AULIA ISKANDAR.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105110_LUTHFIYAH AULIA ISKANDAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa kelas VIII terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Subjek penelitian berjumlah 79 orang siswa kelas VIII. Dari 79 orang siswa, peneliti memfokuskan lagi kepada tiga orang siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah analisis dokumen dan transkrip wawancara. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket sikap siswa kelas VIII terhadap matematika. Angket yang disusun terdiri dari 2 bagian, bagian pertama berisikan 5 pertanyaan seputar sikap sedangkan bagian kedua berisikan 31 pernyataan berdasarkan aspek kepercayaan diri, kecemasan matematika, kesenangan matematika, dan self-regulated learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas VIII kadang menyukai dan tidak menyukai matematika. Bagi siswa yang menyukai matematika, mayoritas siswa memiliki alasan bahwa mereka menyukai matematika karena matematika dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan atau pengetahuan mereka. Serta dapat merasa kesulitan bahkan kebanyakan merasa bermasalah dengan soal matematika. Sementara itu, bagi siswa yang tidak menyukai matematika, kebanyakan mereka berpendapat bahwa matematika sulit. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas VIII memiliki sikap kepercayaan diri serta kecemasan terhadap matematika dalam kategori rendah dan memiliki sikap kesenangan terhadap matematika serta self-regulated learning dalam kategori sedang dan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII berada dalam kategori penilaian baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:31
Last Modified: 25 Jun 2022 05:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14991

Actions (login required)

View Item View Item