Pengaruh E-learning Berbasis Aplikasi Google Classroom Terhadap Pembelajaran Efektif Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Kelas X OTKP di SMKN 51 Jakarta Timur

Sari, Raden Roro Anggi Trias Ayustha dan Supriansyah, Supriansyah (2020) Pengaruh E-learning Berbasis Aplikasi Google Classroom Terhadap Pembelajaran Efektif Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Kelas X OTKP di SMKN 51 Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN EKONOMI_1601085097_RADEN RORO ANGGI T.A.S.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN EKONOMI_1601085097_RADEN RORO ANGGI T.A.S.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran e-learning berbasis aplikasi Google Classroom terhadap pembelajaran efektif pada mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X otomatisasi tata kelola perkantoran di SMKN 51 Jakarta Timur pada bulan Agustus 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Adapun responden dalam penelitian ini berjumblah 60 responden . Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling yaitu cara pengambilan sampel yang digunakan untuk menentukan sampel bila obyek yang diteliti atau sumber data yang luas, teknik pengambilan sampel ini lebih mengarah kepada berbentuk kelompok bukan pada individu. Setelah data dinyatakan berdistribusi normal dan linier berdasarkan uji normalitas, uji linieritas dan analisis varians (ANAVA) maka dilakukan perhitungan dengan menggunakan regresi linier. Hasil perhitungan regresi linier yang diperoleh Ŷ = 12.94402 + 0.638881 (X) dan hasil perhitungan ANAVA didapat Fhitung lebih kecil dari Ftabel yaitu 1.836 < 1.845. Pengujian hipotesis didapat bahwa R hitung > R tabel (0.6500 > 0.254) dan T hitung > T tabel (6.514 > 2.000) dari hasil pengujian tersebut maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, nilai koefisien determinasi (R2) adalah 0.422563 artinya 42.25631 % berarti faktor e-learning berbasis aplikasi Google Classroom berpengaruh terhadap pembelajaran efektif , sedangkan sisanya sebesar 57.75% dipengaruhi oleh variabel dan faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat pengaruh antara e-learning berbasis aplikasi Google Classroom terhadap pembelajaran efektif pada mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X OTKP di SMKN 51 Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:21
Last Modified: 27 Jun 2022 01:21
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14988

Actions (login required)

View Item View Item