Pengaruh Pemberian Tes Formatif dengan Reward terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 9 Jakarta

Elbees, Sabila Difhayanti dan Soro, Slamet (2020) Pengaruh Pemberian Tes Formatif dengan Reward terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 9 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105096_SABILA DIFHAYANTI ELBEES.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105096_SABILA DIFHAYANTI ELBEES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pemberian tes formatif dengan reward score terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 9 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
menggunakan metode penelitian jenis Quasi Experimental menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Group Desain. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Jakarta pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil secara acak sebanyak 71 siswa yang terdiri dari kelas VIII-A yang dijadikan kelas eksperimen dan kelas VIII-F yang dijadikan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes objektif bentuk pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal. Instrumen terlebih dahulu dilakukan dengan uji validitas logis oleh guru di SMA Negeri 1 Tarumajaya. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas dengan uji Lilliefors diperoleh dari kedua data kelas tersebut berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas dengan uji Fisher, dapat disimpulkan bahwa varians kedua kelas tersebut tidak sama. Setelah itu, uji hipotesis menggunakan uji-tˈ karena dari kedua data tidak homogen. Diperoleh thitung = 3,343 > 1,995 = ttabel , yang mengakibatkan tolak HO pada taraf signifikansi alfa = 0,05 dengan Effect Size sebesar 0,703 yang tergolong sedang. Dengan demikian hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian tes formatif dengan reward score terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 9 Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:32
Last Modified: 25 Jun 2022 05:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14968

Actions (login required)

View Item View Item