Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Matematika Materi Lingkaran

Amelia, Meyta dan Kurniasih, Meyta Dwi (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Matematika Materi Lingkaran. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105093_MEYTA AMELIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105093_MEYTA AMELIA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada tingkat Sekolah Menengah Pertama pada materi lingkaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 111 Jakarta Tahun Ajaran 2020/2021 dengan populasi Kelas IX-4 sebanyak 35 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive Sampling dengan mengambil sebanyak 6 orang peserta didik dengan kemampuan awal matematis berbeda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Data penelitian diperoleh dari analisis jawaban peserta didik terhadap tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis tidak bisa ditentukan hanya dengan kemampuan awal matematis melainkan dengan melakukan tes uji coba dan wawancara. Dari hasil analisis tes dan wawancara kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis pada materi lingkaran masih tergolong rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:32
Last Modified: 25 Jun 2022 05:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14963

Actions (login required)

View Item View Item