Pengaruh Pemberian Tes Diagnostik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP Negeri 150 Jakarta

Sanjaya, Amalia Maghfirani dan Soro, Slamet (2020) Pengaruh Pemberian Tes Diagnostik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP Negeri 150 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105087_AMALIA MAGHFIRANI SANJAYA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105087_AMALIA MAGHFIRANI SANJAYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pemberian tes diagnostik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa di SMP Negeri 150 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian Quasy Eksperimental dengan tipe The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Sampel yang diteliti sebanyak 72 siswa dari kelas VII G dan VII H. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penilitian berupa tes uraian sebanyak 10 soal. Instrumen terlebih dahulu di uji coba di SMP Negeri 50 Jakarta dengan 28 siswa. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu, uji normalitas, kemudian diperoleh data yang berdistribusi normal, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis dengan uji-t menghasilkan thitung =2,37 yang mengakibatkan tolak H0 pada taraf signifikansi 5% dengan ttabel = 1,67. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian tes diagnostik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:32
Last Modified: 25 Jun 2022 05:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14958

Actions (login required)

View Item View Item