Analisis Gestur dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Media Lagu Berbasis Etnomatematika

Prasetya, Aldy dan Wahidin, Wahidin (2020) Analisis Gestur dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Media Lagu Berbasis Etnomatematika. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105086_ALDY PRASETYA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105086_ALDY PRASETYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gestur dan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui media lagu berbasis etnomatematika. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dan subjek yang diambil empat orang siswa kelas III Sekolah Dasar. Hasil observasi menunjukkan adanya penggunaan variasi gestur yang muncul sebanyak 223 gestur yang terdiri dari 123 gestur ikonik, 68 gestur metaforik dan 32 gestur diektik. Hasil analisis terhadap pemahaman konsep matematis siswa yang
dilakukan kepada keempat subjek menunjukkan bahwa masing-masing subjek memiliki kemampuan pemahaman yang beragam. Pencapaian indikator siswa yang memiliki pemahaman tinggi tidak ditemukan adanya kesulitan dalam menjawab soal dan untuk pencapaian indikator siswa yang memiliki kemampuan
sedang dan rendah umumnya memiliki beberapa kesalahan atau kesulitan yang dialami siswa ketika menjawab soal. Kemudian hasil wawancara juga menunjukkan bahwa penggunaan media lagu berbasis etnomatematika dalam pembelajaran ini cukup efektif untuk memancing siswa antusias dan aktif dalam belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:32
Last Modified: 30 Jun 2022 11:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14953

Actions (login required)

View Item View Item