Pengaruh Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran Kearsipan Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Mahadhika 1 Jakarta

Anggraeni, Novita dan Latief, Muhammad Jamil (2020) Pengaruh Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran Kearsipan Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Mahadhika 1 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN EKONOMI_1601085063_NOVITA ANGGRAENI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN EKONOMI_1601085063_NOVITA ANGGRAENI.pdf

Download (987kB) | Preview

Abstract

Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan prestasi belajar terhadap mata pelajaran kearsipan siswa kelas x administrasi perkantoran di SMK Mahadhika 1 Jakarta. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif. Variabel bebas yang dikaji dalam penelitian ini adalah Disiplin Belajar. Variabel terikat adalah Prestasi Belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Dari data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan regresi linier sederhana. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Pearson Product Moment variabel Prestasi Belajar dengan soal tes pilihan ganda sebanyak 40 dengan 35 soal valid dan 5 soal drop. Pada variabel Disiplin Belajar dengan angket pertanyaan sebanyak 21, 18 soal valid dan 3 soal drop. Sedangkan pada tes reliablitas dengan menggunakan metode Cornbuch’s Alpha, di dapati nilai variabel Disiplin belajar 0,759 dan Prestasi Belajar 0,909, dimana kedua variabel tersebut memiliki nilai lebih dari 0,60 yang artinya kedua variabel tersebut reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lillifors memperoleh hasil variabel Prestasi Belajar 0,168 dan variabel Disiplin Belajar 0,091 dimana kedua variabel tersebut memiliki nilai lebih besar dari 0,05 yang artinya kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar kearsipan siswa kelas X SMK Mahadhika 1 Jakarta. Dari hasil perhitungan regresi menunjukkan hasil yang signifikan. Hasil perhitungan regresi diperoleh Fhtiung = 74, 059 dan Ftabel yaitu 3, 96 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan persamaan regresi Ȳ = 4, 977 + 0,286. Dengan sumbangan relative kontribusi R yang diperoleh R= 0,475. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar kearsipan siswa sebesar 47,5%. Selebihnya yaitu, 52,5% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:54
Last Modified: 24 Jun 2022 04:15
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14945

Actions (login required)

View Item View Item