Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Materi Persamaan Diferensial Orde Satu

Ekasari, Anisa Nur dan Tsurayya, Ayu (2020) Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Materi Persamaan Diferensial Orde Satu. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105070_ANISA NUR EKASARI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105070_ANISA NUR EKASARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) untuk meningkatkan kemandirian belajar pada materi persamaan diferensial orde satu. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Mahasiswa pada materi Persamaan Diferensial Orde Satu dan mengukur peningkatan kemandirian belajar dari sebelum menggunakan lembar kerja dan sesudah menggunakan lembar kerja.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang meliputi 4 tahapan yaitu: Define (Tahap Pendefinisian), Design (Tahap Perancangan), Develop (Tahap Pengembangan), Disseminate (Tahap Penyebaran). Penelitian ini melibatkan 4 orang, yaitu 2 dosen sebagai ahli materi dan 2 dosen sebagai ahli media. Selain itu juga melibatkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika semester IV Tahun Akademik 2019/2020 yang sedang menempuh mata kuliah Persamaan Diferensial. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Hasil penelitian yang diketahui bahwa lembar kerja mahasiswa (LKM) materi persamaan diferensial orde satu yang telah disusun memenuhi kelayakan sebagai media pembelajaran maasiswa dengan hasil skor rerata yang diperoleh yaitu penilaian Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) oleh ahli materi ialah 70,46 dengan kategori “layak” dan oleh ahli media ialah 87,01 dengan kategori “sangat layak”. Hasil penilaian respon 15 mahasiswa dalam uji coba terbatas yaitu 84,63 dengan kategori “baik”. Kemandirian belajar meningkat setelah menggunakan lembar kerja mahasiswa (LKM) yang telah disusun, dengan hasil skor rerata yang diperoleh pada peningkatan kemandirian belajar mahasiswa sebelum menggunakan lembar kerja dan sesudah menggunakan lembar kerja melalui angket mengalami peningkatan sebesar 9,33%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:33
Last Modified: 30 Jun 2022 11:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14941

Actions (login required)

View Item View Item