Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA)

Gustiana, Alfia Dwi dan Tsurayya, Ayu (2020) Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105068_ALFIA DWI GUSTIANA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105068_ALFIA DWI GUSTIANA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dan faktor penyebabnya dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak berdasarkan tahapan Newman. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan terlebih dahulu diuji validitasnya. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling didapat 6 peserta didik dari kelas X IIS 1. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan peserta didik adalah kesalahan membaca sebesar 40,5%, kesalahan memahami sebesar 33,3%, kesalahan transformasi sebesar 35,7%, kesalahan keterampilan proses sebesar 40,5%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 38,1%. Faktor penyebab kesalahan peserta didik dikarenakan kurangnya penguasaan bahasa, ketidaktelitian dalam memahami soal, tidak menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan, peserta didik kurang memahami konsep persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel, dan tidak terbiasa menuliskan kesimpulan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:33
Last Modified: 25 Jun 2022 05:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14940

Actions (login required)

View Item View Item