Pengembangan Aplikasi KALBARU Berbasis Komputer Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di SMP.N 244 Jakarta

Aziza, Zhafira Lailan dan Nurafni, Nurafni (2020) Pengembangan Aplikasi KALBARU Berbasis Komputer Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di SMP.N 244 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105064_ZHAFIRA LAILAN AZIZA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105064_ZHAFIRA LAILAN AZIZA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan aplikasi “KALBARU” berbasis Komputer sebagai media pembelajaran matematika tingkat SMP, serta mengetahui kualitas produk yang dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi Bangun Ruang Sisi Datar.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan 4D yang memiliki 4 tahap pengembangan, yaitu: 1) Define (Pendefinisian), 2) Design (Perancangan), 3) Develop
(Pengembangan), dan 4) Disseminate (Penyebarluasan). Validasi dilakukan oleh 4 ahli materi dan 2 ahli media. Media yang dikembangkan diuji coba publik kepada 33 responden. Hasil menunjukkan bahwa apikasi “KALBARU” berbasis komputer berdasarkan penilaian oleh ahli media, Rata-rata hasil validasi ditinjau dari aspek kualitas tampilan sebesar 89,58% dengan kriteria Sangat Baik, ditinjau dari aspek text tulisan sebesar 79,17% dengan kriteria Baik, ditinjau dari aspek rekayasa perangkat lunak sebesar 91,66% dengan kriteria Sangat Baik, ditinjau dari aspek Evaluasi sebesar 87,5% dengan kriteria Sangat Baik. Dan hasil rata-rata persentase Ahli Media sebesar 87,5% dengan kriteria Sangat Baik. Penilaian ahli materi ,Ratarata
hasil validasi ditinjau dari aspek kelengkapan materi sebesar 82,29% dengan kriteria Sangat Baik, ditinjau dari aspek pembelajaran sebesar 82,5% dengan kriteria Sangat Baik, ditinjau dari aspek Evaluasi sebesar 81,25% dengan kriteria Sangat Baik. Dan hasil rata-rata persentase Ahli Materi sebesar 82,08% dengan kategori Sangat Baik. Uji coba publik menggunakan Google Form dalam penilaiannya menunjukkan rata-rata persentase hasil efektivitas uji coba Aplikasi KALBARU yang dilakukan peserta didik SMP NEGERI 244 Jakarta, diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 86,17% dengan kriteria Sangat Baik. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa aplikasi “KALBARU berbasis komputer
sebagai media pembelajaran matematika kelas VIII pada materi Bangun Ruang Sisi Datar dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran matematika di tingkat SMP.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:35
Last Modified: 25 Jun 2022 05:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14939

Actions (login required)

View Item View Item