Pengaruh Pemberian Tes Formatif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SMP Negeri 26 Bekasi

Dwijayanti, Alma dan Soro, Slamet (2020) Pengaruh Pemberian Tes Formatif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SMP Negeri 26 Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105057_ALMA DWIJAYANTI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105057_ALMA DWIJAYANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian tes formatif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 26 Bekasi. Sampel yang digunakan oleh peneliti sebanyak 78 siswa dari kelas VII-A dan VII-B. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak 5 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat yang digunakan uji normalitas lilliefors diperoleh Lhitung = 0,1257 < 0,1419 = Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung=1,02<1,70=Ftabel maka disimpulkan bahwa data tersebut memiliki varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung=2,27>1,67=ttabel maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh pemberian tes formatif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:35
Last Modified: 30 Jun 2022 11:13
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14932

Actions (login required)

View Item View Item