Pengaruh Kemampuan Pemahaman Wacana Argumentasi Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas X Sma Al Muslim Tambun Bekasi.

Purnomosidi, Sigit Maulana dan Suyatno, Suyatno dan Sumardi, Sumardi (2017) Pengaruh Kemampuan Pemahaman Wacana Argumentasi Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas X Sma Al Muslim Tambun Bekasi. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1408056034_SIGIT MAULANA PURNOMOSIDI.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1408056034_SIGIT MAULANA PURNOMOSIDI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran inkuiri melalui wacana arguemntasi kelas X SMA Al Muslim Kabupaten Bekasi dan untuk mengetahui gagasan siswa dalam membaca wacana argumentasi dapat menunjukkan perkembangan kemampuannya. Teknik mengajar dengan metode inkuiri merupakan pendekatan interaktif antara siswa, pengajar dan bahan-bahan pengajaran. Dalam teknik ini, guru memperhatikan skemata ini agar bahan pelajaran lebih bermakna. Kegiatan pembelajaran ini siswa dirangsang untuk mengembangan kemampuan berfikir dan berimanijasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian eksperimen (quasi eksperimential reseach). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Al Muslim Kabupaten Bekasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample (sampel bertujuan). Penulis memilih siswa kelas X1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X2 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelompok kontrol. Data tes diolah menggunakan uji t dengan taraf signifikasi 5%. Dari hasil perhitungan nilai thitung sebesar 2,24 dengan derajat kebebasan sebesar 78 dan ttabel sebesar 1,99. Dengan demikian, thitung >ttabel = 2,24 >1,99. Berdasarkan data tes awal ( pretes) dan tes akhir (postes) diketahui bahwa nilai tingkat motivasi kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol dengan angka rata-rata kelompok eksperimen sebesar 7 dan kelompok kontrol sebesar 6,5. Hasil pengolahan data penelitian di atas menunjukkan bahwa metode inkuiri dalam pembelajaran wacana arguemntasi dengan menggunakan metode inkuiri di kelas X SMA Al Muslim efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Wacana, Argumentasi, Metode Inkuiri, pembelajaran menulis
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:57
Last Modified: 17 Jun 2022 08:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14912

Actions (login required)

View Item View Item