Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19 Di MTs Negeri 21 Jakarta

Sarman, Sri Neviyanti dan Ulfah, Syafika (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19 Di MTs Negeri 21 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105051_SRI NEVIYANTI SARMAN.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105051_SRI NEVIYANTI SARMAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan beberapa indikator, yaitu klarifikasi, assessment, strategi dan taktik, serta inferensi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 khususnya kelas 8-4 di MTs Negeri 21 Jakarta tahun ajaran 2019-2020. Subjek yang dipilih terdiri dari enam siswa berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kritis matematika yaitu tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Pengambilan subjek masing-masing dua siswa pada setiap tingkatannya. Pengelompokkan kategori dipilih berdasarkan nilai tes siswa yang diambil dari hasil tes kemampuan berpikir kritis matematika. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa MTs Negeri 21 Jakarta dari ketiga soal tes yang diberikan masih tergolong rendah, hal ini berdasarkan tes dan wawancara dengan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:34
Last Modified: 25 Jun 2022 05:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14909

Actions (login required)

View Item View Item