Analisis Kemampuan Literasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Bayah

Pubianti, Mira Eka Tami dan Wahidin, Wahidin (2020) Analisis Kemampuan Literasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Bayah. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105030_MIRA EKA TAMI PUBIANTI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105030_MIRA EKA TAMI PUBIANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi matematis siswa serta jenis kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa kelas VIII di SMPN 1 Bayah tahun ajaran 2019/2020 dalam menyelesaikan soal yang diadopsi dan diadaptasi dari tes PISA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 – 14 Maret 2020. Subjek penelitian yang digunakan adalah 5 orang siswa kelas VIII yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan instrumen tes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes soal adaptasi PISA, instrumen tes soal adaptasi PISA (bahasa Inggris), instrumen tes soal adopsi PISA, instrumen tes soal adopsi PISA (bahasa Indonesia). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa untuk instrumen yang diadopsi dari tes PISA berada di level 2 dan 3 sedangkan untuk instrumen yang diadaptasi dari tes PISA berada di level 3 dan 4, artinya kemampuan literasi matematis yang dimiliki oleh siswa yaitu siswa dapat melaksanakan prosedur dengan baik termasuk prosedur yang memerlukan keputusan secara berurutan, siswa dapat memilih dan menerapkan strategi memecahkan masalah yang sederhana, siswa dapat menginterprestasikan dan menggunakan representasi berdasarkan pada sumber informasi yang berbeda dan mengemukakan alasannya secara langsung dari yang didapat, serta siswa dapat mengembangkan komunikasi sederhana melalui hasil interpretasi dan penalaran mereka. Jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal yang diadopsi dan diadaptasi dari tes PISA adalah kesalahan penggunaan data, kesalahan penafsiran bahasa, kesalahan penggunaan rumus, kesalahan kecerobohan dan kesalahan dalam perhitungan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:34
Last Modified: 25 Jun 2022 05:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14903

Actions (login required)

View Item View Item