Implementasi Teori Alan H. Monroe dalam Rumah Cerita Anak Melalui Dongeng terhadap Anak Usia Dini pada Program School to School di Jakarta Selatan

Amarullah, Hilman Sandrio dan Rahman, Nurlina dan Ramadhan, Said (2016) Implementasi Teori Alan H. Monroe dalam Rumah Cerita Anak Melalui Dongeng terhadap Anak Usia Dini pada Program School to School di Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_0806015069_HILMAN SANDRIO AMARULLAH.pdf] Text
FISIP_ILKOM_0806015069_HILMAN SANDRIO AMARULLAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mendongeng kini menjadi hal yang langka. Anak-anak lebih akrab dengan media massa, khususnya televisi. Rumah Cerita Anak adalah sanggar dongeng yang menyajikan berbagai koleksi cerita anak yang memiliki unsur edukasi. Penelitian ini mengkaji bagaimana implementasi teori Alan H. Monroe di Rumah Cerita Anak melalui dongeng untuk anak usia dini pada program school to school di Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dan teori Alan H. Monroe. Teori ini digunakan untuk melihat tahapan motivasi Rumah Cerita Anak dalam menyuguhkan dongeng pada anak usia dini. Peneliti juga menggunakan teori retorika persuasif untuk melihat pendapat, sikap, dan tindakan seseorang. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam, analisis data dilakukan dengan analisis isi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah Cerita Anak pada program school to school memenuhi 5 indikator yang terdapat dalam teori Alan. H. Monroe. Kelima indikator tersebut meliputi perhatian (attention), kebutuhan (need), kepuasan (satisfaction), visualisasi (visualization) dan tindakan (action). Dalam menjalankan program school to school, Rumah Cerita Anak menggunakan retorika persuasif untuk mempengaruhi audiens anak-anak agar mengenal ragam budaya Indonesia sejak dini yang dikemas melalui dongeng. Konstribusi penelitian ini meliputi kontruktivisme, teoritis, yaitu: Penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan pada teori Alan H. Monroe, khususnya ketika digunakan untuk meneliti tahapan mendongeng untuk anak. Penelitian ini juga diharapkan dapat memperkaya metode analisis isi kualitatif. Selain itu, diharapkan memberi pemahaman pada pendidik yang ingin memberikan pelajaran melalui dongeng serta bermanfaat bagi Rumah Cerita Anak agar dapat meningkatkan teknik mendongeng.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:32
Last Modified: 17 Jun 2022 07:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14886

Actions (login required)

View Item View Item