Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MIS Assanusiah Jakarta Barat.

Setianingrum, Meilina Dewi dan Zulfadewina, Zulfadewina dan Kodri, Safrul (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MIS Assanusiah Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1301045327_MEILINA DEWI SETIANINGRUM.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1301045327_MEILINA DEWI SETIANINGRUM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Assanusiah Jakarta Barat pada semester II tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini berjumlah 60 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh yang artinya semua populasi dijadikan sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan pemberian tes setelah diberikan perlakukan (posttest). Instrumen sebelum diberikan kepada responden penelitian terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Point Biserial didapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan rumus KR-20 sebesar 0,866. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas kontrol didapat Lhitung = 0,076 < Ltabel = 0,161, sedangkan untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,105 < Ltabel = 0,161 Maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,095 < Ftabel = 0,86 hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian statistik menggunakan uji-t didapat thitung = 2,264 > ttabel = 2,002 dengan taraf signifikansi a = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak, sedangkan H1 diterima. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model pembelajaran model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 04:31
Last Modified: 24 Jun 2022 04:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14879

Actions (login required)

View Item View Item