Potret Resiliensi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika FKIP UHAMKA Tahun 2019/2020

Putri, Syifani dan muntazhimah, muntazhimah (2022) Potret Resiliensi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika FKIP UHAMKA Tahun 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105010_SYIFANI PUTRI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105010_SYIFANI PUTRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Syifani Putri: 1601105010. “POTRET RESILIENSI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA FKIP UHAMKA TAHUN 2019/2020”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, 2020.
Penelitian ini bertujuan utuk memotret bagaimana resiliensi matematis mahasiswa pendidikan matematika FKIP UHAMKA 2020 yang ditinjau dari aspek semester, gender, dan status ekonomi keluarga. Penelitian ini dilaksanakan di UHAMKA. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan teknik analisis data menggunakan model rasch. Sampel yang digunakan adalah Convenience Sampling. Instrumen diuji cobakan kepada 126 mahasiswa, dengan angket resiliensi matematis berjumlah 32 pernyataan dan menghasilkan 3 pernyataan tidak valid. Pengujian reliabilitas instrument angket dengan menggunakan program Winstep mendapatkan hasil 0,98, yang berdasarkan kategori model rasch angket dinyatakan istimewa, yang berarti reliabel tinggi. Hasil analisis data yang diolah dengan model rasch menunjukkan bagaimana potret dari resiliensi matematis mahasiswa yang ditinjau dari semester, gender dan status ekonomi keluarga, yang secara keseluruhan hasil data menunjukkan pada tingkatan resiliensi matematis sedang, namun dari tinjauan semester resiliensi matematis paling tinggi dimiliki oleh mahasiswa semester 4, dari tinjauan gender dimiliki oleh mahasiswa perempuan, serta data juga menunjukkan resiliensi matematis semakin tinggi ketika status ekonomi keluarga semakin tinggi, sehingga dapat diintrepretasikan resiliensi matematis mahasiswa pendidikan matematika UHAMKA selaku calon guru matematika berada pada tingkat sedang.
Kata Kunci: Resiliensi Matematis, Model Rasch, Semester, Gender, Status Ekonomi Keluarga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:33
Last Modified: 25 Jun 2022 05:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14864

Actions (login required)

View Item View Item