Gesture Matematis Siswa Tunanetra dalam Operasi Hitung berdasarkan Teori Belajar Bruner

Dita Saskia, Tifany dan Wahidin, Wahidin (2022) Gesture Matematis Siswa Tunanetra dalam Operasi Hitung berdasarkan Teori Belajar Bruner. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105008_TIFANY DITA SASKIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105008_TIFANY DITA SASKIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

TIFANY DITA SASKIA: 1601105008. “Gesture Matematis Siswa Tunanetra dalam Operasi Hitung berdasarkan Teori Belajar Bruner”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gesture yang terjadi pada siswa tunanetra ketika di berikan rangsangan matematis berdasarkan teori belajar Bruner dan untuk mengetahui kecerdasan majemuk yang dominan pada diri siswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian study kasus. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah seorang siswa tunanetra dengan golongan buta total (blind). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan metode analisis kualitatif menggunakan bantuan software ATLAS.ti sebagai alat untuk mempermudah proses analisis.
Berdasarkan penelitian ini, gesture yang muncul pada siswa tunanetra selama penerapan teori belajar Bruner adalah sebanyak 84 kali. Terdiri dari 43 kali gesture ikonik, 21 kali gesture metaforik, dan 20 kali gesture diektik. Dengan persentase kemunculan gesture ikonik sebesar 50,5%; gestur metaforis sebesar 25,9%; dan gesture diektik 23,6%. Pada peneapan teori belajar buner dapat menghasilan kecerdasan kinestetik lain yang dominan diantaranya bercerita, mendongeng, bernyanyi, dan murotal.
Kata kunci: gesture, siswa tunanetra, teori belajar Bruner.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:33
Last Modified: 25 Jun 2022 05:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14863

Actions (login required)

View Item View Item