ANALISA RADIASI MEDAN ELEKTROMAGNETIK DIBAWAH SALURAN TRANSMISI SUTET 500kV

Apiudin, Apiudin (2018) ANALISA RADIASI MEDAN ELEKTROMAGNETIK DIBAWAH SALURAN TRANSMISI SUTET 500kV. Bachelor thesis, Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of digital_7923-eSTE-2018005 Apiudin.pdf]
Preview
Text
digital_7923-eSTE-2018005 Apiudin.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Transmisi saluran udara tegangan ekstra tinggi 500kV yang merupakan bagian dari infrastrukrtur energi kelistrikan, berfungsi menghubungkan sumber energi yang jaraknnya jauh menuju pusat-pusat beban yang penggunaannya terutama dikawasan perkotaan. SUTET dapat menghasilkan radiasi medan elektromagnetik saling tegak lurus antar medan listrik dan medan magnet. Beberapa penelitian menyatakan bahwa radiasi yang dipancarkan saluran transmisi SUTET terdapat pengaruh buruk terhadap kesehatan, namun tidak sedikit pula penelitian yang membantahnya. Badan kesehatan The World Health Organization (WHO) dan juga PLN telah menetapkan batas radiasi yang aman yaitu sebesar <5kV/m untuk medan listrik dan 0,1mT untuk medan magnet. Dan jarak bebas yang telah ditetapkan pada Standar Nasional Indonesia (SNI 04-6950-2003).
Dalam penelitian ini melakukan sebuah pengukuran medan lisrik (E), medan magnet (H) dan kerapatn daya (P). pengukuran dilakukan dengan alat ukur TM-196 _ 3 - Axis RF Field Strength Meter. Dengan memmanfaatkan 3 sumbu koordinat. Data yang didapatkan dari hasil pengukuran akan diolah mengggunakan perangkat lunak Design of expert untuk mendapatkan model persamaan matematika dan nilai optimum dari radiasi medan elektromagnetik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Skripsi
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: libft libft libft
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:08
Last Modified: 12 Jul 2022 02:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14836

Actions (login required)

View Item View Item