RANCANG BANGUN SISTEM PENYIMPAN DAYA LISTRIK MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER

Suharyanto, Suharyanto (2017) RANCANG BANGUN SISTEM PENYIMPAN DAYA LISTRIK MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER. Bachelor thesis, Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of digital_6586-eSTE-2017009 SUHARYANTO.pdf]
Preview
Text
digital_6586-eSTE-2017009 SUHARYANTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Listrik merupakan energi yang dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti kebutuhan rumah tangga, industri dan kegiatan perekonomian lainnya. Listrik biasanya digunakan untuk lampu penerangan rumah atau penerangan tempat umum serta untuk menghidupkan peralatan rumah tangga dan industri.
Perancangan bertujuan membuat sebuah sistem yang mampu bekerja sebagai penyimpan cadangan daya listrik yang dapat mensuplai listrik pada saat PLN padam, sehingga sangat membantu masyarakat dalam mengatasi kekurangan pasokan listrik. Selama ini masyarakat telah mengenal alternatif sumber energi lain seperti UPS, tetapi penggunaan UPS kurang praktis karena diperuntukkan hanya untuk perangkat elektronik tertentu dan tidak menyeluruh.
Hasil perancangan dan pengujian sistem penyimpan daya listrik menggunakan mikrokontroler dimana tegangan listrik PLN mengalir menuju rangkaian switching tegangan, lalu ke rangkaian charger aki dan inverter selanjutnya ke terminal output untuk digunakan pada listrik rumah tangga. Mikrokontroler sangat berperan pada pengisian dan pensaklaran tegangan dari sumber PLN menjadi sumber tegangan aki. Pada saat tegangan listrik PLN putus, sensor rangkaian penyimpan daya listrik akan mendeteksi dan mengalihkan dari sumber tegangan PLN menjadi sumber tegangan aki. Kemudian sumber tegangan aki akan terus mensuplai sampai daya yang disimpan tersebut habis. Jangka waktu pemakaian atau daya tahan sumber tegangan aki akan diuji berapa lama akan habis jika digunakan secara terus menerus.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Skripsi
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: libft libft libft
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:31
Last Modified: 01 Nov 2022 07:27
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14823

Actions (login required)

View Item View Item