ANALISIS PENGATURAN KECEPATAN MOTOR DC MENGGUNAKAN KONTROL PID (Proportional Integral Derivative)

Qosim, Ibnu (2017) ANALISIS PENGATURAN KECEPATAN MOTOR DC MENGGUNAKAN KONTROL PID (Proportional Integral Derivative). Bachelor thesis, Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of digital_6578-eSTE-2017006 Ibnu Qosim.pdf]
Preview
Text
digital_6578-eSTE-2017006 Ibnu Qosim.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Motor DC merupakan motor yang saai ini banyak digunakan untuk proses produksi dalam industri, karena mudah untuk diaplikasikan. Motor DC sering digunakan pada pemakaian yang memerlukan rentang kecepatan yang lebar. Selain itu, motor DC juga mempunyai kekurangan yaitu dalam hal pengaturan kecepatan dan besarnya saat putaran awal. Oleh karena itu untuk menekan tingginya overshot pada putaran awal motor perlu dilakukan pengaturan sehingga kecepatan motor sesuai dengan set poin yang diinginkan dengan risetime yang tinggi dan overshot yang lebih kecil.
PID (Proportional Integral Derivative) merupakan salah satu kontroler untuk mengatur kecepatan motor. Kontrol PID mempunyai kelebihan – kelebihan tertentu untuk mengatur putaran motor yaitu kontrol proporsional mempunyai kelebihan risetime yang cepat, kontrol integral mempunyai kelebihan untuk memperkecil error , dan kontrol derivative mempunyai kelebihan untuk meredam overshot / undershot. Untuk itu agar dapat menghasilkan output dengan risetime yang tinggi dan error yang kecil kita dapat menggabungkan ketiga kontrol tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Skripsi
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: libft libft libft
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:23
Last Modified: 05 Nov 2022 08:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14819

Actions (login required)

View Item View Item