Analisis Kesalahan Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Genesis Medicare Depok

Septiani, Herlina dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Analisis Kesalahan Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Genesis Medicare Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105043_HERLINA SEPTIANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105043_HERLINA SEPTIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi bangun datar. Penilaian pada aspek pemahaman konsep bertujuan untuk mengetahui sejaiuh mana kemampuan siswa dalam soal pemahaman konsep metematika dengan indikator a) Menyatakan ulang sebuah konsep; b) Memberi contoh dan bukan contoh dari konsep; c) Memberi contoh dan bukan contoh dari konsep; d) Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis; e) Mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep. Dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih dan memilah subjek yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Subjek dari penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII A SMP Genesis Medicare dari yang berjumlah 23 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes pemahaman konsep matematika materi bangun datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika yang rendah pada materi bangun datar dan kesalahan yang dilakukan dalam mengerjakan soal yang terletak pada indikator mendefinisikan konsep secara tulisan tidak terdapat kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep, jadi persentase benar100% dengan tingkat kesukaran soal mudah, (2) pada indikator mendefinisikan dan mengidentifikasi contoh dan bukan contoh terdapat 5 orang kesalahan pada siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep belum benar dan 1 orang siswa tidak terdapat kesalahan dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep secara tepat, jadi persentase kesalahan 16,67% dengan tingkat kesukaran sukar, (3) pada indikator mengklarifikasi objek menurut sifat tertentu sesuai dengan konsepnya terdapat 4 orang kesalahan pada siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep belum benar dan 2 orang siswa tidak terdapat kesalahan dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep secara tepat, jadi persentase kesalahan 16,67% dengan tingkat kesukaran soal sukar, (4) pada indikator mengubah suatu bentuk representasi sesuai dengan konsepnya 3 orang kesalahan pada siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep belum benar dan 3 orang siswa tidak terdapat kesalahan dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep secara tepat, jadi persentase kesalahan 50% dengan tingkat kesukaran soal sedang, (5) pada indikator mengenal syarat yang menentukan suatu konsep tidak terdapat kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep, jadi persentase benar100% dengan tingkat kesukaran soal mudah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:35
Last Modified: 30 Jun 2022 10:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14807

Actions (login required)

View Item View Item