Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Mahmudin, Mahmudin dan Yatri, Ika (2020) Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025201_MAHMUDIN.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025201_MAHMUDIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran (Role Playing) terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN Cipedak 03 Pagi, serta mengetahui Metode Bermain Peran berpengaruh apa tidak dalam Motivasi Belajar Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pottest-Only Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument Angket. Siswa yang diteliti adalah siswa kelas V A dan V B. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 16,86 dengan dk = 68, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi (a) = 0,05 dengan dk = 68 adalah sebesar 1,67. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (16,86 > 1,67), maka artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap motivasi belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:57
Last Modified: 24 Jun 2022 03:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14796

Actions (login required)

View Item View Item