Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantu LKPD terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Ariesta, Puspita Nur dan Awalludin, Subhan Ajiz (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantu LKPD terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105019_PUSPITA NUR ARIESTA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105019_PUSPITA NUR ARIESTA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantu LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian jenis Quasy Experimental dengan tipe The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 184 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 72 siswa dari kelas VIII-A dan VIII-B. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 10 soal. Instrumen terlebih dahulu diuji coba di SMP Negeri 217 Jakarta dengan 36 siswa. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas, kemudian diperoleh data yang berdistribusi normal dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji-t menghasilkan = 5,77 dengan ( , ( )-) = 1,667 yang mengakibatkan tolak pada taraf signifikasi 5%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantu LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 184 Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:28
Last Modified: 30 Jun 2022 10:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14791

Actions (login required)

View Item View Item