Pengaruh Model Pembelajaran Problem Base Learning Berbasis Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN Kapuk 08 Petang Cengkareng Jakarta Barat

Auliani, Novia dan Erwin, Erwin (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Base Learning Berbasis Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN Kapuk 08 Petang Cengkareng Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025199_NOVIA AULIANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025199_NOVIA AULIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SDN Kapuk 08 Petang Cengkareng Jakarta Barat tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh atau tidak hasil belajar IPA pada siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajarn Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Posttest Only Control Group Design. Teknik pengambilan data berbasis daring dengan menggunakan aplikasi Whatsapp serta bekerja sama dengan guru kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa yang terdiri dari kelas V A 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V B 30 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil pengujian persyaratan analisis uji normalitas dengan rumus Uji Liliefors, pada kelas eksperimen (0,118 < 0,161) dan pada kelas kontrol (0,148 < 0,161) maka kedua kelas dinyatakan normal dan pada uji homogenitas dengan rumus uji F (Fisher), (1,79 < 1,85) maka diterima dan dinyatakan kedua kelas dinyatakan homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis (6,922 > 2,000), maka diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis daring terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Kapuk 08 Petang Cengkareng Jakarta Barat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis daring terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Kapuk 08 Petang Cengkareng Jakarta Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:06
Last Modified: 24 Jun 2022 03:06
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14784

Actions (login required)

View Item View Item