Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN Wanasari 10

Dewi, Lusiana dan Kasriman, Kasriman (2020) Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN Wanasari 10. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025193_LUSIANA DEWI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025193_LUSIANA DEWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru dapat dikatakan kurang kreatif dan inovatif saat menjelaskan materi pelajaran IPS. Maka dari itu, media ini dirasa efektif dipakai didalam pembelajaran SD, karena penggunaannya yang praktis dan memudahkan guru untuk menyampaikan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan media pembelajaran Power Point terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV di SDN Wanasari 10 Semester 2 Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wanasari 10 di Cibitung Kabupaten Bekasi, siswa kelas IV A dan IV B. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan model Quasi Experimental design, karena digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Nonequivalent Control Group Design yaitu, dimana kelas eksperimen maupun kelas kontrol tidak dipilih secara random. Dan menggunakan desain penelitian berupa Posttest-Only Control Design. Sampel yang digunakan adalah Teknik Sampling Jenuh. Metode penelitian ini merujuk pada buku dari Sugiyono tahun 2014. Penelitian ini diharapkan dapat memberi pengaruh yang positif dalam penggunaan media pembelajaran power dalam keterampilan menyimak siswa. Pada uji realibilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung = 0,87 > rtabel = 0,35, maka data tersebut dapat memiliki instrumentnya yang reliabel. Selanjutnya, data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan rumus uji Liliefors diperoleh Lhitung 0,0914 < Ltabel 0,1610, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher diperoleh Fhitung 1,1871 < Ftabel 1,880, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 4,035 dengan ttabel 2,000 pada = 0,05 maka dengan demikian H0 ditolak. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran Power Point terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Wanasari 10.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:06
Last Modified: 24 Jun 2022 03:06
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14781

Actions (login required)

View Item View Item