Persepsi guru terhadap penerapan metode Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPS di SD Negeri Cikiwul I Kota Bekasi

Kamilah, Iik dan Hari, Naredi (2020) Persepsi guru terhadap penerapan metode Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPS di SD Negeri Cikiwul I Kota Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025192_IIK KAMILA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025192_IIK KAMILA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap penerapan metode Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPS di SD Negeri Cikiwul I Kota Bekasi pada tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologis. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa guru-guru di SD Negeri Cikiwul I Kota Bekasi sudah tidak asing lagi dalam penerapan metode Numbered Head Together (NHT) dalam proses pembelajaran IPS. Hasil dari penerapan metode Numbered Head Together (NHT) itu sendiri dalam pembelajaran IPS dapat menciptakan suasana belajar yang aktif yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar
untuk mengeluarkan pendapatnya pada saat berdiskusi. Berdasarkan persepsi guru tentang penerapan metode Numbered Head Together (NHT) di kelas dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan. Pada penerapan metode NHT masih terdapat beberapa kekurangan dan ada pula kelebihannya. Namun dari kekurangan tersebut masih bisa diperbaiki dengan berbagai macam cara yang bisa dilakukan oleh guru.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:05
Last Modified: 24 Jun 2022 03:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14777

Actions (login required)

View Item View Item