Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan STAD terhadap Hasil Belajar Tema 8 Siswa Kelas V SDN Ulujami 05 Pagi Jakarta Selatan

Akbar, Deny dan Rahmiati, Rahmiati (2020) Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan STAD terhadap Hasil Belajar Tema 8 Siswa Kelas V SDN Ulujami 05 Pagi Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025183_DENY AKBAR.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025183_DENY AKBAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan STAD pada siswa kelas V SDN Ulujami 05 Pagi Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan quasi eksperimen. Popupasi penelitian 60 siswa, sampel pada penelitian ini yaitu kelas eksperimen I sebanyak 30 siswa dan kelas eksperimen II sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dengan 30 soal pilihan ganda yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji normalitas pada kelas eksperimen I dengan chi-kuadrat X2hitung = -7,4407 dan nilai x2tabel = 7,81473. Pada kelas eksperimen II X2 hitung = -1,2182 dan nilai x2 tabel = 7,81473 dimana x2 hitung < x2 tabel maka kedua data tersebut berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung= 1,29238 sedangkan Ftabel =1,86081, karena Fhitung < Ftabel maka kedua sampel tersebut homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan Thitung=2,20 dan Ttabel=2,00, sehingga dapat disimpulkan Thitung>Ttabel yaitu 2,20 > 2,00 menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini, terdapat perbedaan yang signifikan antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan STAD terhadap hasil belajar tema 8 siswa kelas V SDN Ulujami 05 Pagi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:04
Last Modified: 24 Jun 2022 03:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14766

Actions (login required)

View Item View Item