ANALISIS PERBANDINGAN QOS VIDEO STREAMING MENGGUNAKAN MEDIA WIRE DAN WIRELESS

Wibowo, Ari (2014) ANALISIS PERBANDINGAN QOS VIDEO STREAMING MENGGUNAKAN MEDIA WIRE DAN WIRELESS. Bachelor thesis, Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of digital_6043-eSTE-2014001 Ari Wibowo.pdf]
Preview
Text
digital_6043-eSTE-2014001 Ari Wibowo.pdf

Download (906kB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi mendorong berbagai cara untuk melakukan komunikasi, salah satunya yaitu menggunakan streaming video. Streaming video adalah sebuah teknologi untuk memainkan file video secara langsung ataupun dengan pre-recorder dari sebuah mesin server. Untuk mengirimkan video streaming sesuai dengan kebutuhan, diperlukannya sebuah metode yang lebih efisien untuk implementasi video streaming berbasis jaringan LAN (Local Area Network) dan WLAN (Wireless Local Area Network).
Tugas akhir ini bertujuan mengukur dan menganalisis paket data yang dikirim streaming video dengan menggunakan metode QoS (Quality of Service) pada jaringan LAN dan jaringan WLAN. QoS adalah kemampuan untuk mengetahui performansi layanan dalam menentukan kualitas pada jaringan. QoS yang dibandingkan meliputi parameter throughput, delay, jitter dan packet loss. Penelitian dilakukan dengan membuat server yang menyalurkan layanan streaming pada client secara point to point melalui jaringan wired dan wireless LAN ad-hoc.
Dari hasil pengukuran dan analisis QoS dapat disimpulkan bahwa layanan streaming video pada jaringan LAN memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan pada jaringan WLAN.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: libft libft libft
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:30
Last Modified: 05 Nov 2022 08:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14764

Actions (login required)

View Item View Item